Tak Hanya untuk Bumbu, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Tak Hanya untuk Bumbu, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang memang menjadi andalan untuk bumbu penyedap. Ternyata, manfaat bawang putih tidak hanya untuk penyedap rasa. Ada berbagai manfaat untuk kesehatan mulai dari kesehatan jantung hingga termasuk cara alami turunkan kolesterol.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih, Anda sebaiknya mengonsumsinya secara mentah. Anda juga bisa mengonsumsi ekstrak bawang putih melalui suplemen. Beberapa manfaatnya antara lain:

1.     Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang putih bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang menyebabkan pilek atau flu. Bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan serta batuk.

Kandungan bawang putih tidak hanya serat, protein, dan karbohidrat tetapi juga vitamin C, selenium, dan juga antioksidan. Konsumsilah bawang putih secara rutin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada saat peralihan musim.

2. Mencegah Sakit Jantung

Penumpukan plak dapat menyumbat pembuluh arteri. Pembuluh ini merupakan media untuk menyalurkan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Lemak yang menyumbat arteri akan menyebabkan gangguan yang disebut dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis akan membawa dampak lain yang lebih parah pada tubuh jika tidak ditangani. Misalnya, menyebabkan serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi bawang putih bisa mencegah dengan mengurangi penumpukan plak yang ada di dalam pembuluh arteri.

3.     Menurunkan Kolesterol

Bawang putih yang dapat membantu mengurangi plak dari pembuluh arteri juga merupakan salah satu cara alami turunkan kolesterol. Mengonsumsi bawang putih membuat pembuluh arteri semakin lebar dan tidak membuat otot kaku.

Oleh karena itu bagi pengidap kolesterol tinggi dan hipertensi, sebaiknya Anda sering mengonsumsi bawang putih.

4.     Mengatasi Kerontokan Rambut

Bawang putih membantu kesuburan rambut pada beberapa kondisi tertentu, salah satunya adalah autoimun. Untuk mengatasi kerontokan, gunakanlah minyak bawang putih dengan cara mengoleskannya di kulit kepala yang terindikasi rontok atau mengalami kebotakan. Minyak bawang putih juga menguatkan rambut sehingga tidak mudah tercabut dari akarnya

5.     Mengurangi Jerawat

Peradangan di bawah kulit yang menyebabkan jerawat bisa diatasi dengan bawang putih. Kandungan dalam bawang putih, yaitu zat allicin, merupakan zat yang dapat mengatasi jamur, bakteri serta sebagai antiseptik.

Bawang putih mampu meredakan inflamasi dan juga melancarkan sirkulasi darah. Vitamin dan mineral dalam bawang putih juga mampu mengendalikan kelebihan minyak terutama di bagian wajah.

6.     Melancarkan Pencernaan 

Zat allicin yang ada pada bawang putih juga berfungsi sebagai antibiotik yang dapat membantu fungsi pencernaan, terutama pada lambung. Zat ini juga membantu pada penderita cacingan dan juga infeksi bakteri pada saluran cerna.

Bawang putih tidak hanya merupakan salah satu cara alami turunkan kolesterol, tetapi juga memiliki manfaat lain yang berkhasiat untuk tubuh.

shares