Selain Wajib, Ini Beberapa Fungsi  Daftar Isi

Selain Wajib, Ini Beberapa Fungsi  Daftar Isi
25 Jun
2020

Daftar isi merupakan daftar yang menunjukkan isi sebuah buku, skripsi, karya ilmiah, untuk memudahkan setiap yang membacanya. Banyaknya isi karya ilmiah maupun buku jika tanpa ada daftar yang menunjukkan isinya, pasti akan kesulitan dan tidak efektif. Selain untuk membaca cepat (scanning) sebuah karya ilmiah, di bawah ini akan dijelaskan fungsi lainnya!

  1. Membuat Tampilan Menjadi Lebih Rapi

Komponen dari daftar sebuah isi buku terdiri atas bab, judul, sub judul dan lampiran-lampiran. Penunjuk dari sebuah judul dan turunannya dapat berupa angka halaman atau huruf. Daftar juga diurutkan dan dibagi atas klasifikasinya misalkan, judul beserta turunannya. Dengan urutan seperti ini, maka daftar di isi suatu karya ilmiah akan membuat tampilan menjadi lebih rapi.

  1. Memudahkan Pembaca

Susunannya yang rapi juga akan memudahkan pembaca karena pembaca akan mengetahui letak dari materi yang sedang dicarinya. Bahkan untuk mengetahui isinya, pembaca cukup hanya dengan melihat daftar dari isi bukunya. Pembaca yang ingin mencari informasi di dalam buku, tak perlu membaca seluruhnya, tinggal melihat di daftar dan mencari di halaman yang ditunjuk.

  1. Memberikan Informasi Singkat Isi Sebuah Karya Ilmiah

Daftar dari isi sebuah karya ilmiah yang belum dipublikasikan, biasanya hanya sebuah lembaran yang berisi judul dilanjutkan dan daftar di dalam isi bukunya. Anda bisa mengetahui apa saja informasi di dalam karya ilmiah. Hal ini karena judul yang dituliskan, biasanya penulis akan memberikan makna yang berbeda, maka dari itu perlu adanya daftar untuk mengetahui isinya.

  1. Mengetahui Komponen-Komponen

Komponen dari daftar isi biasanya berupa judul halaman itu sendiri, nomor halaman, bab, sub judul dan diakhiri dengan lampiran-lampiran. Bagi penulis pemula tentunya sangat membutuhkan belajar mengenai komponen-komponen di dalamnya. Hal ini untuk memudahkan dalam pembuatannya, terlebih jika belajar dari pembuatan daftarnya secara manual.

  1. Mengetahui Perbedaan Komponen

Adanya daftar ini yang memudahkan pembaca dalam mengetahui isinya. Fungsi lain juga dapat membedakan komponen antara daftar di dalam karya ilmiah yang satu dengan karya ilmiah lainnya. Setiap karya ilmiah pasti memiliki kriteria masing-masing termasuk dalam penulisan daftar untuk memudahkan pembaca mengetahui isinya.

Fungsi ini sangat pas untuk Anda yang mulai belajar menulis karya ilmiah seperti skripsi, jurnal, buku dan lainnya. Anda bisa mempelajari perbedaan komponen ke semuanya. Meskipun cenderung sama, namun tetap ada sedikit perbedaan dalam penulisan judul maupun turunannya. Anda harus banyak membaca berbagai referensi untuk dapat membedakannya secara cermat.

Itulah pengertian dan beberapa fungsi dari daftar isi yang disajikan untuk Anda. Selama ini banyak yang hanya menganggap sebagai daftar dalam sebuah buku semata. Padahal, banyak fungsi yang dapat kita manfaatkan jika kita menghendakinya. Intinya hanya perlu banyak membaca untuk mengetahui hal-hal sekecil ini, hal yang paling sering kita temui setiap harinya.

shares