Mau Anak Sehat? Konsumsi 5 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Mau Anak Sehat? Konsumsi 5 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Pada masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan berbagai nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat. Apabila daya tahan tubuh lemah, akan membuat anak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, ini saatnya orang tua fokus untuk memperkuat kekebalan anak. Nah, berikut ini informasi mengenai nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak.

  1. Prebiotik

Sekitar 70% daya tahan tubuh anak ada dalam usus, sehingga wajar bila kesehatan usus memiliki peran penting dalam sistem imun. Keseimbangan antara bakteri jahat dan baik di dalam usus perlu dijaga, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan memberikan makanan atau suplemen yang mengandung prebiotik.

Prebiotik biasanya ditemukan pada susu formula. Maka dari itu, berikan anak susu formula sebagai prebiotik dan juga berikan susu yang mengandung beta glucan dan polydex dextrose dan galactooligosaccharide yang memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Anda juga bisa memberikan prebiotik seperti bawang putih, pisang dan apel.

  1. Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk mengatur daya tahan tubuh serta melindungi tubuh melawan infeksi. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga kulit dan jaringan di dalam perut, usus, mulut dan saluran pernafasan agar tetap sehat. Sebagai orang tua, memberikan anak nutrisi merupakan prioritas agar daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat.

Sumber makanan vitamin A bisa didapatkan dari ubi, wortel, telur, yogurt. Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Pastikan anak untuk mendapatkan asupan vitamin A yang cukup, karena apabila kekurangan vitamin A dapat menyebabkan melemahnya lapisan pertahanan pertama pada anak-anak.

  1. Zat Besi

Zat besi memiliki fungsi untuk melawan bakteri. Apabila anak mengalami kekurangan zat besi maka dapat mengakibatkan terjadinya penyakit anemia. Tak hanya itu saja, tubuh juga lebih mudah terkena infeksi seperti flu dan pilek. Sebagai orang tua, berikanlah asupan zat besi yang cukup. Makanan yang mengandung zat besi antara lain daging, susu, kuning telur, udang, dll.

  1. Vitamin C

Vitamin C biasanya didapatkan dari buah jeruk. Vitamin ini dapat membantu sistem imun dalam menstimulasi atau mendorong pembentukan antibodi. Vitamin C juga berperan sebagai antibakteri dan antivirus yang dapat mencegah infeksi. Kekurangan vitamin C dapat membuat anak rentan sakit, maka dari itu berikanlah asupan vitamin C yang cukup.

  1. Zinc

Zinc berfungsi penting dalam perbaikan sel dan pembentukan enzim untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh anak. Zinc juga berfungsi untuk membantu dalam pemeliharaan sel-sel kekebalan tubuh yang sehat. Apabila anak kekurangan zinc, maka dapat menyebabkan berkurangnya produksi antibodi sehingga daya tahan tubuh anak cepat menurun.

Maka dari itu berikanlah asupan zinc yang cukup. Pada manusia, tubuh tidak bisa memproduksi zinc secara alami. Berikanlah asupan makanan yang mengandung zinc seperti daging merah dan daging ayam serta tahu.

Nutrisi adalah salah satu pondasi dalam pertumbuhan anak. Maka dari itu, perhatikanĀ  asupan nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak agar anak tetap terlindungi dari berbagai macam penyakit. Pastikan Anda memberikan asupan nutrisi yang cukup.

shares