Manfaat dari Pemberian Mainan Bayi 4 Bulan

Manfaat dari Pemberian Mainan Bayi 4 Bulan

Menyajikan beragam edukasi dan pembelajaran untuk bayi merupakan suatu kegiatan penting dalam melatih intelektual dan respon pada bayi. Terutama, jika umur anak masih berada pada sekitar 4 bulan dan membutuhkan berbagai dorongan untuk melakukan kegiatan dan stimulasi. Pemberian mainan bayi 4 bulan, menjadi salah satu metode terbaik dalam memberikan tambahan dampingan dan media belajar untuk anak.

Jika membandingkan dan melihat bagian dari fisik, maka bayi berumur 4 bulan akan jauh lebih gemuk dan bobotnya bisa naik dua kali lipat sejak lahir. Hal terpenting untuk terus berkembang dari bayi adalah sisi motorik, berfikir, respon terhadap lingkungan, dan menunjukan emosi. Banyak yang mengatakan bahwa pemberian sebuah mainan memang menjadi suatu metode cukup baik dalam meningkatkan sisi tersebut pada bayi.

Manfaat Pemberian Mainan Untuk Bayi 4 Bulan

Mendapati usia 4 bulan, maka bayi akan jauh lebih aktif dan semakin sering melakukan semacam celoteh sendiri. Bagian otot pun juga terus berkembang seiring keinginan bayi untuk aktif dalam melakukan berbagai aktifitas. Kecenderungan untuk mengangkat kepala ke atas merupakan salah satu ciri yang bisa terlihat jelas oleh bayi pada umumnya. Hal ini juga yang mendorong pemberian mainan, dimana benda tersebut memiliki banyak manfaat.

Dengan melihat manfaat yang ada, maka berikut merupakan keuntungan memberikan mainan :

  1. Meningkatkan kemampuan mendengar

Salah satu panca indera dari tubuh memang perlu dirangsang dan ditingkatkan ketika dalam posisi berumur 4 bulan. Beberapa jenis mainan memiliki ciri khas berupa mengeluarkan sebuah suara ketika ditekan suatu tombolnya atau di gerakan. Pada fase ini, biasanya anak bayi akan bereaksi dengan berbagai suara yang datang dan kadang bisa melakukan respon terkejut saat mendengar suara tersebut.

  1. Merangsang pertumbuhan gigi

Jika melihat mainan gigit milik anak, tentu hal tersebut sangat penting dalam melatih otot pada mulut. Merangsang pertumbuhan gigi memang sangat dibutuhkan untuk nanti bayi bisa mulai melakukan gerakan untuk mengunyah suatu makanan. Dalam memberikan sensasi lain pada saat menggunakan, maka bisa juga lakukan berupa mendingin terlebih dahulu mainan tersebut sebelum digigit lagi.

  1. Mengasah gerakan tangan

Ada banyak jenis mainan untuk meningkatkan kemampuan gerak tangan, dimana salah satu yang terkenal adalah boneka. Apalagi, bentuk boneka sangat beragam dan dapat menyesuaikan ukuran dari bayi agar menjadi teman bermain dan kegiatan bayi. Pada keamanan penggunaan, maka pilih saja dengan bahan yang halus dan lembut semacam kapas dimana berbobot ringan agar bisa dipegang dan digunakan oleh bayi.

Berapa manfaat tersebut memang cukup sering dibahas dan dipertimbangkan oleh orang tua agar tetap mendampingi anak bayi dengan pemberian mainan. Perhatikan keamanan dan kenyamanan, dengan begitu anda tidak perlu khawatir kepada bayi pada saat akan memainkannya terutama terjadi luka atau semacamnya.

shares