Cara Seduh Kopi Menggunakan Mesin Kopi Manual V60

Cara Seduh Kopi Menggunakan Mesin Kopi Manual V60

V60 merupakan alat mesin kopi manual yang menggunakan metode pour over. V60 memiliki bentuk seperti cangkir di mana pada bagian bawahnya memiliki bentuk kerucut untuk mengalirkan kopi yang sudah disaring oleh kertas filter.

Cara Seduh Kopi V60

Cara menyeduh kopi dengan V60 aewalnya diciptakan karena sebuah alat seduh yang bernama dripper di tahun 2004. Penemu dan pencipta V60 yaitu Hario, perusahaan asal Tokyo. Untuk pemilihan penamaan juga karena bentuknya yang berbentuk V dan memiliki bentuk 60 derajat celcius.

Metode V60 diproses tetes demi tetes dari hasil penyeduhan bubuk kopi yang dilakukan secara perlahan. Maka dari itu V60 membutuhkan filter atau kertas penyaring. Karena V60 mengandalkan proses penyeduhan yang dituang secara perlahan hingga beberapa kali, maka bisa menggunakan ketel leher angsa untuk memudahkan penuangan.

Untuk menggunakan V60, siapkan 15 gram biji kopi terlebih dahulu kemudian giling ukuran kasar. Siapkan air panas bersuhu 90 derajat celcius. Apabila anda tidak memiliki termometer, maka anda bisa mendiamkan air yang sudah mendidih selama sekitar 2 menit.

  1. Siapkan gelas dengan V60 dripper dan filter di atasnya.
  2. Gunakan air panas untuk membasahi fillter kemudian buang air panas bekas tadi.
  3. Setelah itu masukkan bubuk kopi ke dalam dripper.
  4. Pastikan untuk menyeduh menggunakan gerakan memutar secara perlahan dan konstan.
  5. Proses tuangan pertama bertujuan untuk blooming yaitu proses mengeluarkan karbon dioksida. Tuang secara perlahan hingga 30 ml. Setelah itu tunggu hingga 45 detik.
  6. Proses tuangan kedua bertujuan untuk mendapatkan tingkat keasaman yang pas. Caranya yaitu tuang hingga 80 ml dan tunggu hingga 45 detik.
  7. Lakukan cara yang sama hingga tuangan ketiga dengan tujuan untuk mendapatkan body. Namun untuk tuangan ketiga harus dituang hingga 150 ml dan biarkan selama 30 detik.
  8. Pada tuangan terakir, tambahkan hingga 195 ml.
  9. Sebaiknya angkat sebelum tetesan berhenti dengan tujuan agar seduhan terakhir tidak ikut tercampur.

Metode seduhan ini termasuk manual brew di mana semua proses penyeduhan dilakukan oleh tangan manusia tanpa bantuan mesin otomatis. Teknik manual brew sebernarnya masih terdiri dari beberapa proses ekstraksi kopi lainnya sedangkan untuk V60 termasuk metode pour over yang artinya penyeduhan dilakukan untuk mengalirkan air panas pada bubuk kopi dengan menggunakan filter khusus.

Apabila anda ingin mencoba mesin kopi otomatis agar penyeduhan kopi lebih cepat dan praktis dibandingkan menggunakan mesin kopi manual, anda bisa mencoba menggunakan rangkaian mesin dan kapsul Nescafe Dolce Gusto. Kapsul Dolce Gusto terdiri dari banyak varian kopi yang bisa dipilih sesuai keinginan bahkan penggunaan mesinnya yang mudah.

shares