Bingung Mau Ganti Oli Mobil? Ini Dia Ciri Produk Yang Bagus dan Berkualitas

Bingung Mau Ganti Oli Mobil
17 Jul
2020

Mengecek komponen kendaraan memang seringkali memusingkan. Terlebih bagi Anda yang masih sedikit awam.

Alih-alih membuat semuanya terselesaikan justru kerusakan yang nanti didapatkan. Jika sudah demikian, berarti Anda membutuhkan bantuan. Yap, servis kendaraan di tempat terpercaya juga paling recomended.

Meski sepele, ganti oli kendaraan nyatanya berpengaruh terhadap kinerjanya. Tak hanya performanya, namun kondisi mesin juga turut dipertaruhkan. Tak perlu bingung, kulik dulu artikel informatif berikut ini yuk , siapa tahu Anda membutuhkannya.

Kenali Cirinya Agar Ganti Oli Mobil Semakin Sip!

Kinerja mesin yang bermasalah kerapkali membuat penggunanya bingung. Selain melakukan perawatan agar mobil makin prima. Anda juga wajib menyervis bagian-bagian terdalam hingga minyak pelumasnya. Tapi, bagaiamana sih ciri minyak pelumas yang bagus ini?

  1. Warna Berubah

Ketika melakukan penggantian, maka akan terlihat warna kehitaman. Hal ini berarti minyak pelumas yang Anda pakai jempolan. Pasalnya, warna minyak pelumas secara otomatis berubah ketika terdapat kotoran pada mesin.

Mengapa harus berwarna hitam?

Sebab, oli ini telah mampu mebersihkan serta membawa sejumlah kotoran yang menempel pada ruang mesin. Wah, baru tahu ya?

  1. Sertifikasi JASO Sesuai Kebutuhan

Memakai minyak pelumas tentu tak bisa sembarangan. Anda bisa mengecek kualitasnya melalui sertifikasi berupa JASO.

JASO ini merupakan kependekan dari Japanese Automotive Standards Organization. Yang mana diterbitkan bagi produk-produk bermutu dan bagus bagi perawatan mesin.

  1. Suara Mesin Halus

Ciri paling mudah apabila proses ganti oli anda berhasil ialah suara mesin lebih halus. Bahkan, minyak pelumas yang bagus membuat tarikan mesin menjadi responsif. Sehingga jika kedua ciri ini Anda temukan, Anda bisa lebih tenang kan?

  1. Sertifikat API

Memastikan standar mutu minyak pelumas untuk mobil dirasa penting. Mengingat kini banyaknya produk palsu dipasaran. Anda tak perlu cemas ketika pelumas mesin yang anda pakai berlabel API.

Selain ramah lingkungan, Anda dapatĀ  menggunakan oli standar berupa ILSAC. Takaran ini telah diuji secara klinis juga mumpuni.

  1. Kekentalan Atau Viscositas

Menurut anjuran Pabrik, tingkat kekentalan pelumas saat ganti oli mobil perlu diperhatikan. Umunnya, viscositas minyak pelumas berkisar antara 5W-30 atau 0W-20.

Angka ini menandakan tingkat viscositas atau kekentalan juga temperatur pelumas. Semakin kecil angkanya maka kinerja oli akan semakin maksimal. Kendati telah berada di suhu rendah sekalipun. Keuntungannya ialah mesin dapat berperforma lebih efektif dan hemat BBM.

  1. Komposisi Sempurna

Umumnya, komponen mesin begitu sensitif terhadap benda tertentu, seperti pelumas. Cairan ini wajib memiliki komposisi yang pas agar mampu mendongkrak kinerja mesin denagn baik. Mislanya saja delapan puluh persen adalah bahan dasar oli. Dan sisanya dua puluh persen adalah bahan tambahan berupa zat additive.

Meski formula tiap produk berbeda, salah satu zat additive ini memiliki fungsi yang sama. Yakni, membersihkan komponen di Bagian dalam kendaraan. Makanya, jangan heran ketika pelumas bekas akan menghitam. Artinya, pelumas berkerja dengan sangat sip.

Wajib Tahu

Kendati proses ganti oli rata-rata sama, namun mereknyalah yang berbeda. Dalam keadaan tertentu kondisi pelumas yang menghitam dapat berarti bagus. Berbeda dengan kondisi mesin yang bermasalah atau terdapat penggantian minyak pelumas yang tidak rutin.

Perlu Anda tahu, zat tambahan atau additive ini juga memiliki fungsi lain lho. Yap, sebagai sarana meningkatkan power juga sebagai anti-karat. Di masa ini jarang sekali pelumas yang tak memiliki zat tambahan semacam ini. Pasalnya, zat tambahan ini mempunyai fungsi ganda yang baik untuk kendaraan Anda.

Mengetahui aneka informasi terkait mesin memang menyenangkan. Apalagi terkait perawatan mesin yang membuat kendaraan makin responsif. Anda-pun juga berpikiran sama bukan? Selain dapat dirawat secara mandiri seperti pembersihan berkala.

Anda bisa pula melakukan ganti oli mobil ke bengkel terdekat dan terpercaya. Terlebih jika memiliki sistem layanan online, tentunya bakalan lebih terasa praktisnya. Jadi, jangan lupa untuk rutin mengganti pelumas ya sobat. Agar performa tunggangan makin bertenaga.

shares