Apakah Melahirkan di Rumah Aman? Simak Ulasannya!

Apakah Melahirkan di Rumah Aman? Simak Ulasannya!

Salah satu tema diskusi seputar kehamilan yang cukup sering dibahas adalah apakah melahirkan di rumah termasuk opsi yang aman untuk dipilih? Beberapa ibu hamil mungkin berpikiran bahwa mereka akan memilih melahirkan di rumah daripada di rumah sakit. Alasan kedekatan emosional, kenyamanan ataupun trauma di rumah sakit sering muncul sebagai pembelaan.

Namun, bagaimana dengan faktor keamanan melahirkan bayi di rumah?

Tentu, keamanan proses melahirkan adalah salah satu hal utama yang harus dipertimbangkan saat memilih tempat untuk melahirkan. Hal ini sangat krusial karena beberapa proses melahirkan harus ditangani secara khusus, seperti penggunaan alat ataupun hal lainnya.

Namun, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Leiden University, melahirkan di rumah tergolong aman dan membuat ibu yang melahirkan cenderung merasa nyaman. Hanya saja, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebelumnya.

Syarat dan Ketentuan Melahirkan di Rumah Untuk Diketahui

Meskipun aman dan memberikan kenyamanan yang lebih, tentu saja ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum Anda memilih melahirkan bayi di rumah. Adapun beberapa persyaratan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan adalah pertimbangan utama apakah Anda boleh melahirkan bayi di rumah atau tidak. Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada proses kehamilan yang membutuhkan penanganan khusus dengan beragam alat yang hanya ada di rumah sakit.

Oleh karenanya, sebelum hari-hari menjelang kelahiran, memastikan kondisi kandungan adalah hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Anda bisa memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan yang dipercaya. Tentu saja, Anda akan mendapatkan izin untuk melahirkan bayi di rumah jika kondisi kandungan sehat dan tidak ada masalah apapun.

  • Pertolongan bidan dan dokter

Meskipun Anda memilih untuk melahirkan bayi di rumah, namun pertolongan dari dokter atau bidan yang dipanggil tetap diperlukan. Sangat tidak disarankan bagi ibu hamil untuk melahirkan tanpa bantuan medis yang sudah berpengalaman.

Melahirkan adalah proses yang cukup panjang dan mempertaruhkan jiwa ibu yang melahirkan. Tanpa bantuan medis yang mumpuni, risiko kematian ibu melahirkan atau kegagalan proses melahirkan bisa meningkat.

  • Sarana dan tempat

Kelebihan melahirkan di rumah sakit adalah tersedianya sarana dan tempat yang memadai. Nah, jika Anda memilih untuk melahirkan bayi di rumah, maka konsekuensinya adalah Anda harus menyiapkan tempat dan sarana yang diperlukan selama proses melahirkan dengan tepat dan lengkap.

Tentu saja, Anda perlu menanyakan apa saja kebutuhan sarana untuk memudahkan proses melahirkan tersebut pada kalangan medis yang terpercaya. Jika sarana dan tempat tidak memungkinkan, pasti dokter dan bidan akan menolak keinginan Anda.

Memang, melahirkan bayi di rumah adalah salah satu opsi yang mungkin menjadi keinginan bagi ibu hamil. Namun, sebelum Anda memutuskan memilih melahirkan di rumah, pastikan seluruh syarat dan ketentuan yang diperlukan dipenuhi dengan maksimal.

shares