Agar Bulunya Terjaga, Jenis Makanan Kucing Anggora Ini Bisa Menjadi Pilihan

Agar Bulunya Terjaga, Jenis Makanan Kucing Anggora Ini Bisa Menjadi Pilihan

Setiap jenis kucing membutuhkan treatment berbeda-beda yang menyesuaikan kondisi tubuh dan karakternya. Seperti pada kucing anggora yang identik memiliki bulu lebat dan sistem pencernaan cukup sensitif. Selain masalah perawatan bulu, pemilihan makanan kucing anggora pun wajib diperhatikan.

Kucing jenis ini biasanya tidak boleh diberi makanan yang mengandung garam karena bisa membuat bulunya menjadi rontok. Begitu pun dengan bawang atau makanan yang mengandung bawang. Sebab bawang mampu menjadi racun yang bisa merusak sel darah kucing anggora.

Makanan yang Disarankan untuk Kucing Anggora

Beberapa jenis makanan di bawah ini tergolong aman dan disarankan untuk diberikan pada kucing jenis anggora, yaitu:

1.     Ikan Kukus/Rebus

Kucing sebagai hewan karnivora sangat menyukai daging. Salah satunya daging ikan yang bagi mereka memiliki aroma tajam. Anda bisa memberi kucing anggora kesayangan menu daging ikan yang telah dikukus ataupun direbus. Pastikan sudah dipisah dengan duri.

Perlu diingat duri ikan dan tulang ikan berbahaya bagi kucing. Karena bisa melukai area mulut, tenggorokan, hingga mengganggu sistem pencernaan. Jenis ikan yang bisa dipilih seperti tuna, salmon, dan kembung.

2.     Keju

Uniknya kucing anggora adalah kucing yang menyukai cita rasa keju. Mereka menyukai susu dan olahannya, termasuk keju. Pemberian keju dalam porsi tepat sebagai makanan selingan diperbolehkan. Tetapi Anda bisa melakukan cek lebih dulu dengan memberi sedikit parutan keju diatas rebusan ikan, atau menu makanan sehari-harinya untuk melihat reaksi tubuhnya.

3.     Kuning Telur

Selanjutnya makanan kucing anggora yang disarankan ialah kucing telur. Kuning telur bisa dijadikan makanan selingan, bukan makanan utama. Kuning telur sendiri kaya akan omega 3 yang dibutuhkan kucing. Porsinya bisa satu atau pun setengah dari satu butir telur. Berikan satu hingga dua kali dalam seminggu.

Bila telur bisa dipastikan bersih dan memiliki kualitas baik, Anda bisa memberinya dalam bentuk mentah. Namun bila kualitas telur tidak terjamin, lebih baik merebusnya saja.

4.     Makanan Kemasan Bernutrisi

Tidak memiliki banyak waktu untuk membuat makanan di dapur? Makanan kucing kemasan menjadi solusi terbaik. Jenis dan kualitas makanan kemasan yang beredar di pasaran sangat beragam. Termasuk untuk jenis kucing anggora.

Pilihlah makanan kemasan yang tinggi nutrisi dan merupakan variant khusus bagi kucing berbulu lebat. Seperti produk dari Pro Plan dengan variant Adult Housecat yang diperuntukan bagi kucing rumahan. Formulanya mampu menjaga kesehatan bulu dan mengurangi bau kotoran. Selain itu makanan kucing anggora lainnya ialah variant Adult Derma Plus dengan formula yang membantu menyehatkan kulit, bulu, dan mengontrol hairball.

Umumnya jenis kucing anggora merupakan kucing rumahan, sehingga harus menerapkan perawatan untuk kucing indoor yang biasanya lebih sensitif terhadap makanan dan cuaca atau suhu udara.

shares