6 Jenis Buah ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

6 Jenis Buah ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Terkadang kita sulit mengontrol jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Selain karena rasanya, sebagian besar makanan yang mudah ditemui tergolong kurang sehat. Baik dari segi pemilihan bahan, cara mengolahnya, sampai tingkat kebersihannya. Anda bisa memanfaatkan buah-buahan yang berfungsi menurunkan kolesterol. Buah penurun kolesterol sangat beragam dan bisa dijadikan pelengkap menu makan setiap waktu.

Rekomendasi Buah-Buahan yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Buah-buahan ini mampu membantu melawan kolesterol jahat, sehingga baik dikonsumsi saat Anda merasa menu makanan yang dikonsumsi tinggi kolesterol, atau dikonsumsi rutin untuk memenuhi  kebutuhan nutrisi dan serat.

1.     Alpukat

Bukan sekadar baik untuk menu diet sehat dan membantu turunkan berat badan, alpukat pun sering menjadi makanan selingan atau campuran yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang baik bagi kesehatan organ jantung. Alpukat yang dikonsumsi dalam bentuk segar akan mengurangi proses penyerapan kolesterol.

2.     Pisang

Buah yang selalu ada dan tidak ada musimnya di Indonesia yaitu pisang juga ampuh menurunkan kadar kolesterol karena kandungan inulinnya. Kandungan ini bertugas mengontrol asupan kolesterol jahat. Konsumsi pisang setiap hari juga membantu memperlancar pencernaan, meminimalisir risiko sembelit, dan menyehatkan tulang.

3.     Apel

Selanjutnya, buah penurun kolesterol yang dikenal mengandung banyak nutrisi ialah apel. Kalori yang terkandung pada apel mampu memenuhi kebutuhan kalori tubuh kita, maka tidak heran bila apel masuk ke daftar buah yang cocok untuk diet. Apel kaya mengandung vitamin C, serta pektin untuk menyerap kadar kolesterol pada usus halus. Sehingga apel bisa menjadi buah pelancar pencernaan.

4.     Berry’s Family

Buah-buahan yang juga tinggi vitamin C dan dilengkapi kandungan penurun kolesterol ialah dari keluarga berri atau berry’s family. Buah di kelompok ini contohnya stroberi, blueberry, raspberry, dan lainnya. Berry’s family mengandung banyak serat larut yang melawan kolesterol dan melarutkannya ke dalam sistem pencernaan di tubuh kita.

5.     Pepaya

Buah yang satu ini mudah sekali ditemukan karena hampir setiap waktu berbuah. Pepaya merupakan buah khas negara tropis yang bisa turunkan kadar kolesterol karena kandungan likopennya. Terdapat pula vitamin C dan vitamin E, baik dalam menjaga daya tahan tubuh, sekaligus menyehatkan kulit.

6.     Lemon dan Jeruk

Keluarga citrus seperti buah lemon dan jeruk pun bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Serat larut di dalamnya mampu mengikat kolesterol yang ada pada usus halus.

Konsumsi buah-buahan citrus bukan hanya mengontrol kadar kolesterol, tetapi juga menjaga kesehatan usus seperti mengurangi risiko kanker usus.  Namun bagi Anda yang menderita sakit tukak lambung, lebih baik batasi atau konsultasi lebih dulu pada dokter.

Lengkapi konsumsi buah penurun kolesterol di atas dengan rutin melakukan olahraga, istirahat yang cukup dan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

 

shares