5 Tips Memberi Makan Kucing Hamil dan Menyusui

5 Tips Memberi Makan Kucing Hamil dan Menyusui

Makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus biasanya banyak dipilih. Namun, ini belum tentu cocok bagi kucing yang sedang hamil dan menyusui. Sama halnya seperti manusia, kucing yang sedang hamil juga membutuhkan nutrisi ekstra untuk janinnya. Dengan demikian, anak-anak kucing tersebut nantinya bisa tumbuh sehat dan lincah.

Memberi Makan Kucing Hamil dan Menyusui

Pemberian makanan pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan kucing hamil, sehingga tidak mungkin kalau Anda memberinya tulang ayam saja. Jadi, bagaimana sebaiknya memberi makan kucing yang sedang hamil dan menyusui? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

1.     Jenis Makanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis makanan kucing. Nutrisi yang baik untuk kucing hamil dan menyusui biasanya ditemukan pada makanan basah. Ini bukan berarti makanan kering buruk, akan tetapi Anda harus memperhatikan kandungan dan nutrisinya terlebih dahulu. Selain itu, jangan memberikan porsi makan terlalu banyak juga agar kucing tidak kegemukan.

2.     Jumlah Makanan yang Disediakan

Porsi makan kucing yang sedang hamil umumnya sama saja dengan kucing pada saat keadaan normal. Anda tidak perlu memberikan porsi makan terlalu banyak karena kelebihan nutrisi juga tidak baik untuk janinnya. Oleh karena itu, berilah porsi makan secukupnya.

3.     Frekuensi Pemberian Makan

Makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus bisa saja cocok untuk kucing hamil jika nutrisi yang diperlukan sudah ada di dalamnya. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah frekuensi pemberian makan. Berikan makan seperti biasanya. Anda tidak perlu menambahkan frekuensi makannya selama nutrisinya sudah mencukupi.

4.     Merk Makanan Kucing

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemilihan merk makanan kucing. Saat ini, ada berbagai merk makanan kucing buatan dalam maupun luar negeri. Pilihlah merk yang memiliki komposisi nutrisi yang sesuai untuk kucing hamil dan menyusui. Selain itu, perhatikan juga sertifikasi label halal pada merk tersebut agar lebih aman dikonsumsi oleh kucing Anda.

5.     Tidak Memberikan Makanan yang Sulit Dicerna

Sebisa mungkin Anda menjaga kucing yang sedang hamil atau menyusui agar tetap sehat. Salah satu caranya adalah menghindarkan dari makanan-makanan yang sulit dicerna seperti nasi. Jangan memberikan makanan yang kaya karbohidrat karena tidak cocok untuk pencernaan kucing. Kembali lagi, ada baiknya untuk memberikan makanan khusus kucing hamil dan menyusui.

Itulah lima tips memberikan makan untuk kucing hamil dan menyusui. Jangan sampai Anda tidak memperhatikannya karena kucing yang sehat akan melahirkan anak-anak kucing yang sehat pula. Oleh karena itu, selain memberikan makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus, berikan juga makanan dengan komposisi sesuai untuk kucing hamil kesayangan Anda.

Semoga bermanfaat.

shares