5 Jenis Mainan yang Bisa Mengembangkan Kemampuan Fisik Bayi

5 Jenis Mainan yang Bisa Mengembangkan Kemampuan Fisik Bayi

Tumbuh kembang buah hati pada masa golden age period merupakan waktu yang tidak akan terulang kembali. Tidak hanya memilih mainan yang bisa memberikan aspek hiburan semata, pilih mainan edukatif yang bisa mendorong peningkatan sensorik dan motorik dengan baik. Anda bisa memberikan mainan yang sesuai perkembangan fisik bayi.

Permainan untuk perkembangan fisik bayi diatas usia 6 bulan

Pada usia 0-6 bulan, bayi Anda mulai bisa merespon lingkungan sekitar sebagai metode pembelajaran yang ampuh. Ia mulai bisa mengoceh atau melakukan gerakan sederhana yang perlu stimulasi lebih lanjut. Sebagai orangtua yang baik, Anda wajib melakukan stimulasi atau rangsangan untuk meningkatkan perkembangan fisik bayi yaitu :

1.      Mainan penarik perhatian

Pilih jenis mainan yang memiliki warna-warna menarik untuk memikat buah hati. Coba letakkan mainan di depan si kecil dan biarkan ia melacak mainan secara perlahan. Gerakan sederhana ke kiri dan kanan bisa meningkatkan kemampuan visual anak termasuk pengenalan warna benda, lho!

2.     Melakukan gerakan sederhana

Anda bisa mengajak si kecil melakukan gerakan sederhana yang mudah dilakukan. Pada usia 6 bulan keatas, Anda bisa memberikan contoh gerakan tangan melambai, menganggukkan kepala atau gerakan menari lain. Biarkan anak mencoba mengikuti gerakan Anda atau putar musik guna meningkatkan minat anak.

3.     Melakukan gerakan terbang

Stimulasi sederhana yang bisa mendukung pergerakan tubuh bayi adalah latihan terbang. Bukan terbang sesungguhnya, namun gerakan mengangkat tangan dan tubuh si kecil dengan gerakan ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Namun, pastikan Anda menopang tubuh si kecil sehingga keselamatan dan keamanan bayi tetap terjaga.

4.     Memberikan mainan boneka

Boneka bisa membantu perkembangan fisik karena bayi akan mulai menyentuh, meremas atau memeluk mainan ini. Pastikan mainan standar SNI yang terbuat dari material berkualitas, kain katun lembut dan bebas aksesoris pendukung yang berbahaya. Anda bisa melakukan pengawasan dan pemantauan saat si kecil asyik bermain dengan boneka baru.

5.     Alat musik

Anda bisa mengenalkan bayi pada suara musik guna meningkatkan kemampuan motorik dan sensorik. Anda bisa memilih alat musik yang memiliki tombol untuk dipencet bayi. Biarkan ia bereksplorasi dengan memencet satu per satu tombol yang menyajikan suara berbeda.

Ia juga akan mulai mengenal sumber suara dengan baik, lho! Suara atau nyanyian yang keluar dari alat musik bisa mendukung si kecil bergerak dan menari. Manfaat multifungsi yang wajib Anda coba bersama buah hati, ya!

Ada banyak jenis mainan edukatif yang bisa meningkatkan perkembangan fisik bayi lebih baik, misalnya bola. Anda bisa mengajak bayi usia diatas 6 bulan untuk belajar melempar atau menggelindingkan bola. Ikatan antara orangtua dan bayi bisa lebih kuat lewat momen permainan edukatif, ya!

shares